Bunga anggrek jenis dan gambar keindahan bunga anggrek

Bunga anggrek jenis dan gambar keindahan bunga anggrek. Seperti kita ketahui bersama bahwa bunga anggrek adalah jenis bunga yang sangat populer di masyarakat. Bunga anggrek menjadi bunga favorit hampir di semua kalangan masyarakat. Bunga anggrek indonesia sangat terkenal sampai keluar negeri. Saat ini banyak sekali budidaya anggrek untuk memenuhi permintaan pasar baik pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri.

Bunga anggrek memiliki ragam dan jenis yang berbeda. Spesies anggrek sangat banyak. Dan bila kita manyilangkan bunga anggrek dengan sukses maka akan menghasilkan bunga anggrek spesies baru. Untuk menambah wawasan anda tentang bunga anggrek berikut kami sajikan beberapa jenis bunga anggrek.

Puluhan ribu spesies Anggrek di dunia pada dasarnya dapat dikelompokkan ke dalam beberapa tipe berdasarkan cara/sifat hidupnya, yaitu :

ANGGREK EPIFIT : Anggrek jenis ini mendominasi jenis Anggrek di dunia. Anggrek ini hidup menempel pada pohon. Anggrek jenis ini biasanya mempunyai pseudobulb atau batang yang menggembung. dAnggrek epifit melekat pada inang dengan akar. Di alam Anggrek epifit mendapatkan makanan dan air dari embun dan materi lapukan pada kulit pohon yang diserap oleh akar. Contoh anggrek epifit adalah Dendrobium, Phalaenopsis, Bulbophyllum, Coelogyne, Grammatophyllum, Cattleya dan Liparis.

ANGGREK TERRESTRIS : Anggrek ini tumbuh di tanah. Beberapa contoh Anggrek terrestris adalah : Arachnis flos-aeris, Spathoglottis pliacata, Arundina graminifolia, Phaius, Epipactis, Cypripedium, Paphiopedilum dan Goodyera.

ANGGREK SAPROFIT : Daun Anggrek saprofit biasanya kecil dan tanpa klorofil. Beberapa bahkan tidak memiliki daun. Anggrek ini mendapatkan makanan dari humus. Habitatnya di tanah berseresah. Anggrek jenis ini belum dilirik sebagai tanaman hias karena jasad dan bunganya dianggap kurang menarik. Contoh Anggrek saprofit adalah : Didymoplexis, Epipogium

ANGGREK AMOEBOFIT : Anggrek ini hidup di tanah. Pada periode tertentu hanya tampak daun saja dan pada periode berbunga hanya berupa bunga tanpa daun. Antara periode daun dan periode bunga terdapat masa dorman. Anggrek ini biasanya memiliki umbi. Seperti halnya anggrek saprofit, jenis ini juga belum dibudidayakan sebagai tanaman hias. Contoh Anggrek Amoebofit adalah : Nervillia.

ANGGREK LITOFIT : Anggrek ini tumbuh menempel pada batu terutama yang berlumut. Di alam anggrek jenis ini seringkali merupakan anggrek epifit atau anggrek terrestris. Dengan kata lain beberapa anggrek epifit dan terrestris dapat tumbuh pada batu, contoh : Spathoglottis , Dendrobium dan Eria.

Di atas hanyalah ebagain kecil jenis bunga anggrek yang sering di peliharaan kita penggemar anggrek. Sebenarnya masih banyak sekali ragam dan jenis bunga anggrek yang lain.


Uncategorized
Admin September 22, 2013 5